Pengendalian Harga Pangan Berhasil, Inflasi di Riau Terjaga

Editor : Traju News
Pengendalian Harga Pangan Berhasil, Inflasi di Riau Terjaga

Trajunews, Riau – Tren deflasi yang sudah terjadi sejak Juni 2024. Provinsi Riau mencatat deflasi sebesar 0,33% (mtm) pada September 2024 ini.

Menjadi faktor utama penyebab deflasi ini adalah penurunan harga komoditas hortikultura, terutama cabai merah dan cabai rawit.

Sementara itu pasokan aneka cabai yang melimpah dari daerah sentra produksi seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Jawa seiring dengan periode panen, berkontribusi terhadap penurunan harga.

Panji Achmad Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Riau, menyatakan bahwa deflasi yang terjadi menunjukkan keberhasilan dalam pengendalian harga pangan di Riau.

“Deflasi yang terjadi pada September 2024, terutama dipicu oleh penurunan harga cabai, mencerminkan keberhasilan upaya pengendalian inflasi melalui sinergi antara Bank Indonesia dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) terus kami galakkan untuk memastikan tercapainya Kerangka 4K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif,” jelas Panji, Kamis (10/10/2024).

Panji juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas harga pangan agar inflasi tetap terkendali sesuai target. Program-program strategis seperti GNPIP menjadi kunci dalam menjaga stabilitas harga, terutama di sektor pangan.

“Kami optimis, dengan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, TPID, dan pelaku usaha, inflasi di Riau dapat tetap terjaga dalam rentang sasaran yang ditetapkan,” tambahnya.

Panji berharap sinergi ini dapat terus diperkuat, terutama dalam menghadapi potensi kenaikan harga di akhir tahun menjelang musim liburan dan tahun baru.

“Kami akan terus meningkatkan upaya pengendalian inflasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kestabilan harga yang berdampak positif bagi masyarakat Riau,” tutupnya.(Bg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Deprecated: Fungsi get_the_author dipanggil dengan argumen yang usang sejak versi 2.1.0 tanpa alternatif yang tersedia. in /home/u353806159/domains/traju.news/public_html/wp-includes/functions.php on line 6085