Timnas Indonesia Tetap di Posisi Ke-5 Klasemen Sementara Grup C, Kalah 1-2 dari Cina

Editor : Traju News

Meski kalah 1-2 dari Cina, Selasa (15/10/2024) posisi Timnas Indonesia dalam klasemen sementara Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tidak berubah. Tim besutan Shin Tae-yong itu tetap berada di posisi kelima. Posisi pertama ditempati Jepang yang ditahan imbang Australua 1-1 di kandang sendiri.

Berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Timnas Indonesia harus menerima kenyataan pahit. Tim besutan Shin Tae-yong itu dipaksa gigit jari dan kembali ke Tanah Air dengan nol poin karena kalah 1-2. Kekalahan itu terasa menyakitkan bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, permainan Garuda sebenarnya tak terlalu buruk. Sepanjang 90 menit, Jay Idzes dkk mampu memegang kendali permainan. Bahkan, persentase penguasaan bolanya mencapai 76 persen, sedangkan tuan rumah justru memiliki 24 persen.

Timnas Indonesia mampu mendominasi dari asal hingga akhir meski berstatus sebagai tim tamu. Tapi, mereka menelan kekalahan karena dihukum oleh kesalahan sendiri di lini belakang. Saat proses terciptanya gol pertama misalnya. Semua berawal dari kesalahan Shayne Pattynama dalam mengantisipasi. Fullback kiri itu mengira bola sudah meninggalkan lapangan.

Tapi, bola ternyata bisa diambil Jiang Shenglong yang mengirimkan umpan ke mulut gawang Maarten Paes. Behram Abduweli yang menyambut umpan pun langsung mengonversinya jadi gol pada menit ke-21. Kemudian untuk gol kedua, prosesnya berawal kegagalan koordinasi Jay Idzes dan Mees Hilgers. Mereka gagal dalam menutup ruang di jantung pertahanan sendiri.

Akibatnya, Gao Zhunyi bisa mengirimkan umpan terobosan kepada Zhang Yuning yang berdiri bebas. Zhang pun langsung mengubah skor jadi 2-0 dan mempertahankan skor itu hingga turun minum.

Pada babak kedua, Shin Tae-yong nelakukan sejumlah pergantian dengan memasukkan nama-nama seperti Thom Haye, Rizky Ridho, Pratama Arhan, hingga Malik Risaldi. Permainan Timnas Indonesia pun lebih hidup. Serangan demi serangan terus dilakukan oleh Timnas Indonesia. Hasilnya Garuda berhasil memperkecil kedudukan lewat Thom Haye yang sukses memanfaatkan kemelut di kotak penalti Tiongkok dan skor berubah 2-1.

Sayangnya, hanya satu gol yang bisa diciptakan oleh Timnas Indonesia di babak kedua. Hasil akhir pun Garuda tunduk dengan skor 1-2 dari Cina pada matchday empat ini. Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia gagal menambah poin dan gagal naik peringkat. Namun, Garuda cukup beruntung karena hasil ini tak mengubah posisi mereka dalam klasemen.

Timnas Indonesia masih berada di posisi kelima klasemen Grup C dengan tiga poin, hasil tiga kali imbang, dan sekali kalah. Perolehan poin mereka sama seperti Cina yang sekali menang dan tiga kali kalah. Tapi, Timnas Indonesia tetap di posisi lima karena berdasarkan regulasi, bila ada dua tim yang poinnya sama, maka yang dilihat berikutnya adalah selisih gol. Nah, Garuda punya keunggulan itu dibanding Cina.

Selisih gol Timnas Indonesia adalah -1 hasil kebobolan lima dan hanya bisa mencetak empat gol. Sedangkan Cina, punya catatan kebobolan 13 kali dan baru mencetak 4 gol sehingga selisih golnya -9. Adapun posisi puncak tetap dihuni oleh Jepang dengan 10 poin.

Australia menyusul di posisi kedua dengan 5 angka. Posisi itu bisa berubah karena duel Arab Saudi vs Bahrain baru akan dimainkan dini hari nanti.

Sumber : Riaupos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *